Tuesday, August 17, 2010

Naskah Pidato Presiden Republik Buto Menyambut Tujuhbelasan

Salam sejahtera buat saudara saudara sekalian, pada kesempatan kali ini saya selaku Presiden republik buto akan menyampaikan beberapa point penting dalam rangka pidato menyambut peringatan 17 agustus sebagai hari kemerdekaan Republik Buto tetangga dari Republik Indonesia. Perlu saudara saudara ketahui saya selaku presiden Republik buto yang saya hormati sendiri merasa prihatin sekaligus senang bukan kepalang atas pencapaian program kerja kabinet buto setelah dievaluasi kurang lebih setahun ini, program program yang terencana terarah terstruktur efisien dan tepat sasaran sudah berhasil kita jalankan dengan sukses berkat bantuan dari anda2 sekalian dan juga dukungan dari Dewan Pewrwakilan Buto selaku wakil dari rakyat buto atas kerjasamanya didalam menyusun draft kebijakan2 tersebut.


Maka ijinkanlah saya selaku Presiden Republik Buto untuk memaparkan kebijakan2 yg berhasil sebagai berikut

1. Wong jujur mujur menjadi wong jujur kojur
Ini adalah sebuah semboyan jawa yang perlu saudara saudara ketahui, wong jujur mujur itu artinya setiap manusia yang berlaku jujur maka akan dinaungi keberuntungan, sebab seperti ajaran Ki Ageng Suryomentaraman tentang ajarannya yaitu KAWRUH BEGJA, ketika para manusia itu selalu bersyukur dan jujur maka dirinya akan terbebas dari mulur mungkret kehidupannya. Contohnya adalah ketika manusia itu menyadari bahwa naik sepeda onta sama dengan naik mobil BMW seri terbaru dilihat dari sensasinya, maka buat apa beli BMW mahal2 kalau rasanya sama saja, lagipula ketika sehabis beli BMW ketika ada model terbaru maka dirinya susah lagi kepingin membeli yg terbaru tersebut, tapi bagi yang berhasil mensyukuri apa yang ada maka dia akan cukup punya sepeda onta saja dan mensyukurinya, inilah makna selalu mujur.

Dalam rangka hubungannya dengan kejujuran maka jujurlah pada diri sendiri bahwa apa benar membeli sesuatu yg mewah itu betul2 dibutuhkan? maka jawablah dengan sejujur jujurnya, itulah makna jujur pada diri sendiri dalam kaitannya dengan KAWRUH BEGJA. Sementara disisi lain praktek kejujuran itu berlaku pada segala aktivitas manusia, seperti misalnya menjadi pegawai negeri, apakah dia berhasil jujur ketika disekitarnya dikelilingi oleh orang2 yg tidak jujur? seperti yg saudara saudara ketahui bahwa orang tidak jujur itu benci dengan orang yg jujur dan mencapnya sebagai orang yg sok alim dan sok suci, tapi bagi si jujur, watak kejujuran adalah sebuah kenikmatan tersendiri, watak jujur juga berarti amanah, tidak mengambil sesuatu yang bukan haknya, tidak berkhianat dan tepat waktu, maka watak jujur berarti sinergi dengan energi alam semesta juga dengan energi Illahi, sebab alam semesta itu jujur apa adanya tidak pernah bohong, kalau menanam benih jagung maka ya tumbuh pohon jagung bukan yg lainnya, itulah salah satu contoh jujurnya alam semesta ini.

Itu diatas adalah sebuah watak yg harus kita ubah bagi kalangan manusia di Republik Buto tercinta ini dalam rangka hamemayu hayuning bawono ala buto sebagai penguji bagi kebaikan. Maka semboyan wong jujur mujur harus kita ubah menjadi wong jujur kojur atau orang jujur bakal remuk hancur. Maka dihati mereka harus kita bisikkan kalimat sebagai berikut :

- Dasar manusia manusia goblok tidak tahu diri masih saja berpedoman pada petuah petuah kuno yg tidak berlaku lagi dijaman sekarang, kalau kamu jujur ya bakal remuk, kamu tidak tahu ya kamu harus melihat realitas sekarang ini
- kamu kan butuh duit buat ngempanin anak istri kamu, sedangkan bayaran kamu tidak mencukupi, ya satu2nya jalan korupsi eh maksudnya pinjam dulu duit kas sebentar aja nanti kan juga dibalikin
- nah gitu kan enak to? eh kan si boss tidak mengawasi kan, coba deh ambil dikit aja kan gak bakalan ketahuan
- nah kalau sedikit aja tidak ketahuan, sekarang coba deh ambil banyak sedikit, paling2 juga ndak bakalan ketahuan, tenang aja
-enak ya korupsi, kok gak dari dulu dulu yah, lagian duit negara kan udah banyak tuh, mana rugi wong diambil sedikit aja kok
-mau tobat? ntar ntar aja deh kan masih muda belum tua, tobat itu urusan yang tua2 kalo sudah pensiun
-nah kalo sudah pensiun baru deh tobat sekalian aja naik haji biar dikira tobatnya meyakinkan, kan gak bakalan to mencap seorang yg sudah naik haji kelihatan berwibawa dengan cap koruptor
-sudaah tenang aja yang penting anak istri kamu bahagia, kamu bisa usaha sampingan dari hasil korupsi kamu, ntar kan kamu salurkan ke panti2 asuhan dan yayasan sosial lainnya kan jadi berpahala
-enak kan jadi krouptor? hidup kaya raya dan dihormati setelah mati ikut buto cakil ke neraka ..eh surga ding......

demikian point point yg telah sukses kita susupkan kedalam hati manusia2 di republik buto ini, untuk kedepannya kita akan lakukan inovasi inovasi teknik bisikan yg lebih canggih dan menggoda

2. sedekah pangkal kaya menjadi korupsi pangkal kaya
saudara saudara sekalian, ini sebenarnya masih berhubungan erat dengan point ke satu, hanya ada sedikit penambahan, bagi manusia manusia yang eling dan waspada maka makna kaya adalah demuwe, demuwe ini artinya merasa memiliki dan memelihara tapi tidak diaku sepihak. Perlu saudara saudara ketahui untuk menjadi demuwe itu seorang anak manusia harus ikhlas dan bersyukur didalam bekerja atau pun berharta, jika manusia itu ikhlas sepi ing pamrih rame ing gawe didalam bekerja maka hidupnya akan tanpa beban, karena semua perbuatannya akan di labuh labetkan kepada Gusti tan kena kinaya ngapa. Makna tan kena kinya ngapa itu adalah tidak terdefinisi, bagaimana caranya agar bisa masuk ke semesta tan kena kinaya ngapa? ya dengan pembagian nol, ikhlas adalah pembagian nol sedangkan hasilnya adalah tak terhingga sebab hasilnya sudah diambil oper oleh Gusti itu sendiri.

Demikian pula didalam anak manusia memiliki harta benda, segala harta benda kalau dilabuh labetkan ke Gusti maka akan masuk ke semesta tan kena kinaya ngapa juga, salah satu bentuknya ya tanah wakaf, seperti kita ketahui manusia itu tersekat oleh hak miliknya sendiri yang diaku sendiri maka kekayaannya ya sebatas yang diaku bahkan hanya bersifat sementara karena hidup itu bagai roda yang berputar kadang dibawah kadang pula diatas, maka sekat sekat hak milik pribadi adalah sebuah egoisme yang harus kita manfaatkan untuk kita goda dengan bisikan bisikan sebagai berikut :


- eh temenmu beli mobil BMW model baru tuh, masa kamu yag golongannya sama gak mampu beli, ayooo korupsi doong
- naah gitu jangan mau kalah dong sama temenmu itu, hajar booss, masa sih kamu lebih senior, gelarnya lebih panjang kalah sama temenmu yg baru kemarin sore itu, naah ayoo korupsi beli mobil yg lebih bagus diatas temenmu itu
- eh ada model terbaru nih, ayoo beli bos, ngapain juga nabung kelamaan sampai kamu tua ga bakalan kebeli tuh mobil canggih, mending korupsi aja enak dan praktis
- jiaaah sedekah pangkal kaya? huuuuu kuno, mana ada rumusnya ngeluarin duit sia2 ngasih ke orang lain kok balik modal, secara matematika aja gak mungkin, goblok banget yg berpendapat gitu
- kalo mau sedekah cuman buat popularitas aja, kalo perlu pasang muka sok alim gitu kalo perlu namanya ditulis lengkap dengan gelarnya, ingat inikan cuman buat popularitas biar gak ketahuan korupsi
- takut ketahuan? guampang bos, sogok aja petugasnya, kalo perlu korupsi berjamaah bagi2 hasil ke anak buah dan kolega biar sulit ngelacaknya
- kalo perlu ajarin ke anak2 kamu pentingnya korupsi sejak dini, inget bos sekarang hidup di era milenium yang serba duit, kalo kita gak cepet ambil untung maka kita akan dirugikan orang lain dulu, apa kamu mau anak2mu hidup sengsara miskin jadi gembel?
- tenang aja bos, tuhan kan maha pengertian dan maha adil, pasti ngerti kok alasan kamu korupsi, lagipula rejeki nomplok kan haram untuk ditolak

3. bersih pangkal sehat menjadi obat obatan pangkal sehat
Saudara saudara sekalian perlu kita ketahui bahwa kesehatan adalah hal yg vital bagi manusia, mana ada manusia yg mau sakit2an maka ini adalah salah satu sasaran kita didalam menggoda manusia. Sehat disini maksudnya adalah sehat jasmani dan rohani, kesehatan jasmani berawal dari sehat dan bersih rohani, sebagai contohnya adalah : bagi orang yang suka marah marah maka dia akan mudah terserang penyakit darah tinggi dan ujung2nya kena strooke, mengapa dia kok suka marah2 sebab hatinya penuh dengan kebencian, benci pada sesuatu yg tidak sreg dihatinya dan ditumpahkan ke orang lain, marah2 juga bermakna tidak harus ditumpahkan, bisa juga ditahan tahan yang akhirnya berimbas pada dirinya juga.

Supaya manusia itu sehat secara jasmani maupun rohani maka harus belajar untuk lapang dada atau legawa dengan segala sesuatunya, disamping juga menjaga pola makan dan tidur secara teratur, tapi unsur yg terpenting tetap dari dalam diri sendiri. Ketika hati manusia itu kotor dipenuhi dengan iri dengki dendam dan kebencian maka dia telah mendekatkan diri kepada kerusakan jasmani sebab rohaninya sudah rusak, untuk menjaga rohaninya dari penyakit hati adalah sang manusia itu harus punya watak "aja gumunan lan aja kagetan", gumunan adalah terheran heran ketika melihat fenomena yg "wah", ketika tetangganya membeli mobil baru maka kalo gumunan maka bawaannya curiga terus jangan2 itu hasil korupsi, jangan2 itu hasil pesugihan dan lain lain, sedangkan kagetan adalah suka kaget dengan fenomena atau berita yg dirasa menggemparkan, kalau ada berita istrinya selingkuh maka kalau kagetan maka dia akan terbawa emosi marah2 kalau perlu bawa clurit buat membacok istrinya itu.

Maka saudara saudara didalam ikhtiyar untuk supaya sehat jasmani dan rohani maka tentu kebersihan rohaninya dulu yang harus dibenahi, bukan malah obat obatan sebagai andalan ketika dirinya dilanda sakit. Caranya supaya bersih rohani adalah mengupayakan pikiran dan hatinya untuk tetap hening atau wening di setiap kesempatan, sebelum memutuskan sesuatu maka hening cipta dulu sebentar seperti berdoa memohon petunjuk, syukur2 sudah masuk ke teleng atau pusat rasa maka akan lebih bagus lagi karena akan bisa melihat segala sesuatunya dengan jelas dan terang benderang.

Nah itu diatas adalah segala sesuatu yg harus kita cegah dan hindari terjadi pada manusia maka untuk mewujudkannya perlu langkah langkah bisikan sebagai berikut :


- eh bos tuuh tetangga kamu kok bisa beli mobil baru pasti dia korupsi tuh, atau jangan2 miara tuyul dia, nah ini bisa jadi gosip baru dikampung
- kamu harus benci ama tetanggamu itu, siapa sih dia orang kampung udik aja sok beli mobil BMW, inikan sama saja mencoreng nama baik kamu sebagai sesepuh dikampung
- eh kok istri kamu selingkuh, jangan2 istri kamu matre lagi lihat mobil baru langsung selingkuh aja ama tetanggamu itu, ayo bos clurit aja dia biar mampus
-kenapa bos kena hipertensi yah, gampang bos tinggal ke klinik aja minta obat kan gratis dibiayai perusahaan ngapain juga pake jaga hati segala, gak nyambung gitu loh, kalo sakit ya diobatin pake obat bukan yang lain
-kalo mau sehat ya pake obat bos, gak usahlah dengerin ceramah ceramah ngebosenin tentang pentingnya akhlak, semakin mahal obatnya semakin bagus efeknya bagi kesehatan, lagipula kan bebas aja wong pake uang perusahaan kok
-olahraga? huuuu kuno, mending tidur aja, kalo memang saatnya sakit ya diobatin, lagipula sakit itukan gara gara tuhan yg membikin penyakit jadi santai aja yang penting ini bukan salah kamu kok

Nah sebagian diatas adalah cara cara kita didalam membisikkan kedalam hati manusia2 direpublik buto ini, maka jangan heran kesuksesan kita telah berakibat pada suksesnya membikin mental2 pemalas suka tidur di republik tetangga kita terutama pada saat sidang di parlemen dan juga berakibat pada turunnya rata2 usia hidup manusia yang semakin pendek. Dan yang paling penting adalah watak saling curiga mencurigai, saling meyalahkan sebagai akibat kotornya hati mereka.

4. Bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian menjadi bersenang senang dahulu bersakit sakit kemudian
Ini adalah asal dari peribahasa berakit rakit kehulu berenang renang ketepian yang bermakna segala kesulitan akan disertai kemudahan, segala sesuatunya harus diraih dengan kerja keras. Bagi manusia yang hidupnya dinaungi keberuntungan maka akan bisa melihat segala hikmah disegala kejadian termasuk kejadian yg paling buruk sekalipun. Apabila ingin membeli sesuatu yg dirasa mahal ya menabung dulu sedikit demi sedikit maka hikmah dan manfaat yg didapat ya berupa kesabaran didalam berbuat kebaikan, maka sabar itu akan berbuah manis ketika tabungannya dipakai untuk membeli barang yg diinginkan lalu mensyukurinya dengan cara memrawat barang itu dengan sebaik baiknya sebab dia tahu barang itu perwujudan dari usaha dan jerih payah dia menabung selama bertahun tahun. Maka rasa sabar dan syukur adalah buah dari watak yg mau bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian.

Nah saya tidak akan memaparkan bisikan bisikan kepada rakyat manusia berwatak buto tentang ketidak pentingnya watak bersusah susah dahulu sebab ini sudah terjadi, contohnya adalah :


-bersenang senang dahulu menghabiskan duit hutangan dari luar negeri dengan dikorupsi lalu bersusah susah kemudian anak cucu yg membayar hutangnya
-menebang pohon dihutan atau ilegal logging padahal dia sendiri tidak menanamnya tahu tahu memanennya, lalu anak cucu yg menanggung derita dengan habis dan gundulnya hutan yg berakibat hilangnya ekosistem hutan termasuk punahnya satwa2 yg langka juga berakibat banjir bandang tanah longsor yg dirasakan penduduk disekitar hutan tersebut

5. Generasi muda adalah penerus bangsa menjadi generasi tua tidak mau turun digantikan yang muda
Perlu saudara saudara ketahui bahwa geerasi muda didalam pewayangan adalah diwakili oleh Wisanggeni dan Antasena, Wisaggeni atau WIS ANGGENI yag bermakna sudah kalenggahan Gusti, sedangkan Antasena adalah berwatak air atau hati seluas samudera, maka Wisanggeni Antasena bermakna generasi muda yg sudah kalenggahan segala watak Gusti dan legawa ikhlas didalam bertindak.

Ada sebuah kisah yg menceritakan kedua tokoh ini ketika perang Bharatayudha akan di mulai, tersebutlah kedua tokoh ini menghadap Sang Hyang Wenang atau dewanya para dewa untuk meminta dijadikan senopati bagi pihak pandawa, tapi Sang dewa agung tidak merestuinya sebab didalam hati Wisanggeni dan Antasena pada saat itu masih terdapat watak ingin menonjolkan diri dan kurang sabar yang justru akan membawa pandawa pada pihak yg kalah, lalu oleh Sang Hyang Wenang diberi syarat kalau pandawa ingin menang maka kedua tokoh itu harus menyingkirkan watak keapiannya yg ingin menonjolkan diri tidak sabaran lalu kedua tokoh ini setuju lalu seketika Sang Hyang Wenang mensabda mereka menjadi cahaya atau muksa.

Dari kisah diatas adalah sebuah contoh kisah hubungan antara generasi tua yg memomong mengarahkan yg muda dengan generasi muda yg sabar dan legawa, sebuah perpaduan tua muda yg harus kita singkirkan maka kita mempunyai rencana rencana sebagai berikut :


-generasi muda penerus harus kita bikin suka mabuk atau drugs supaya menjadi geerasi muda yg tidak sabaran dan mempunyai emosi tinggi maka akan berakibat suka tawuran dan anrkis ketika berdemonstrasi
-generasi tua yang pamomong dan bijak akan kita ubah menjadi generasi tua yg ngeyel tidak mau turun digantikan oleh yang muda dengan alasan sudah berpengalaman lebih tahu banyak hal dibanding yg muda
- generasi muda akan kita bikin watak tidak butuh bimbingan dari yg tua dengan alasan kuno dan sudah saatnya minggir
-generasi tua akan kita buat selalu berwatak curiga terhadap yg muda seolah olah akan dirongrong kedudukannya cepat atau lambat
- generasi muda akan kita buat kehilangan jati dirinya dengan cara mencekoki kecenderungan terhadap hal hal yg berbau import seperti kebarat baratan atau kearab araban, dengan begitu maka generasi muda akan selalu membebek terhadap bangsa asing dan anti dengan budaya sendiri

Inilah sekelumit pidato saya selaku Presiden di Republik Buto yg saya hormati sendiri dalam rangka menyambut hari kemerdekaan tujuhbelasan di Republik Buto tercinta ini, semoga dengan pemaparan tentang kesuksesan serta rencana kedepannya akan berjalan sukses selalu, ingatlah saudara saudara sekalian prinsipnya adalah kejahatan yg kita organisir akan mengalahkan kebaikan manusia yg tidak terorganisir dan berjalan sendiri sendiri, sebagai penututup dari pidato saya maka mari kita pekikkan slogan buto BUTO BERSATU TAK BISA DIKALAHKAN!! MERDEKA!!

blog comments powered by Disqus