Saturday, May 16, 2009

Menerawang Pasangan Capres-cawapres


Ini adalah bahasan paling hot akhir2 ini siapakah yg paling cocok menjadi RI 1- RI 2 kita, semoga bisa bermanfaat.

JK-Wiranto

JK ==> Mohammad Yusuf Kalla, dilihat dari sosok nya , orang ini terlihat lincah dan tanpa basa-basi, inilah yg menjadi keunggulan dari sosoknya. dalam berbagai kesempatan atau pertemuan beliau selalu bisa bicara secara akrab dan komunikatif dengan audience nya.
kelebihannya==> komunikatif, penuh terobosan, cepat dan mantap tanpa ragu2.
kelemahannya==> intonasi bicaranya kurang jelas, ini bisa menjadi masalah apabila bicara pada forum2 internasional, sangat cepat mengambil keputusan bahkan kadang2 terlalu cepat atau grusa-grusu, sesuai dengan prinsip pedagang yang banyak mengambil sikap opportunis atau untung2an, ibarat kata ada barang murah langsung dibeli walaupun tidak ada duit.

Wiranto ==> seorang mantan Panglima ABRI yang tegas, kebapakan, dan dilihat dari sorot matanya mengesankan sosok yg galak tapi baik.
kelebihannya ==> mantan jendral yang dinilai sukses mengawal reformasi, mempunyai kharisma di mata anak buahnya
kelemahannya==> disebut-sebut terkait peristiwa 98, minim pengalaman sebagai birokrat sehingga diragukan kemampuannya menghadapi tekanan di parlemen dan pihak2 lain apabila terpilih kelak, dengan asumsi pada 2009-2014 tantangannya lebih berat dari 2004-2009.

SBY-Boediono

SBY ==> seorang jenderal pemikir lulusan terbaik dan pernah mengenyam pendidikan militer di Amerika, seorang yang kebapakan, hati2 dalam bertindak
kelebihannya ==> ganteng bagi banyak wanita, mempunyai aura kharisma yg besar, maka tak heran apabila membunyai elektabilitas yg tinggi dibanding capres lain, ibarat kata dipasangkan dgn sandal jepit pun SBY bisa menang (kata Amien Rais), hati2 dan penuh pertimbangan dalam bertindak, tutur katanya santun, halus dan hampir tidak pernah menghujat pihak lain kecuali kalau ada yg memulai.
kelemahannya ==> terkesan lamban dlm mengambil keputusan, bicaranya basa-basi kurang mengena pada pokok permasalahan.

Boediono ==> seorang profesor ekonomi yang berpengalaman di jajaran pemerintahan sejak era Habibie
kelebihannya ==> seorang yg sederhana, low profile, sedikit bicara banyak bekerja, berpengalaman di jajaran pemerintahan, loyal dan tidak terlihat suatu ambisi apapun.
kelemahannya ==> hampir seperti SBY dan lebih bersifat save dlm mengambil keputusan dan sedikit terobosan, dicap neoliberalisme walupun belum tentu benar.

Megawati-Prabowo

Megawati ==> seorang putri proklamator yang diharapkan oleh para pendukungnya mewarisi sifat2 dan kharisma Bung Karno
kelebihannya ==> mempunyai basis massa yg loyal disamping memang putri seorang Bung Karno, pendiriannya teguh dan terkesan tidak takut apapun yg menghadang
kelemahannya ==> membawa emosi dan ego pribadinya dalam berpolitik sehingga terkesan beliau "ngambek" selama 5 tahun kepada SBY, ini terbukti ketika beliau tidak pernah menghadiri undangan upacara 17 agustus di istana Merdeka malah membuat upacara tandingan di sekitar kediaman pribadinya, kurang cerdas dalam berpolitik sehingga sering menjadi blunder bagi pihaknya, contohnya pada BLT. kurang berani berdebat dan dialog dengan lawan politiknya dan para pakar, ini dilihat pada debat capres-cawapres tahun 2004 silam beliau lebih banyak diam dan membiarkan Hasyim Muzadi sendirian melayani pertanyaan para panelis.

Prabowo ==> The Rising star, menjadi jendral pada usia muda
kelebihannya ==> berpikir taktis dan cepat, sehinnga tidak heran menjadi Danjen Kopassus pada masa rezim Soeharto
kelemahannya ==> mempunyai ambisi yg besar, bahkan bisa melakukan apapun untuk mencapai cita2nya, terkait pada kasus 98, mungkin beliau paling tahu banyak mengenai penculikan para aktifis di masa pak Harto.

nah dengan segala kelebihan dan kekurangan para calon pemimpin kita semoga para pembaca bisa menilai mana yang terbaik bagi Indonesia di masa mendatang. tentu saja tulisan diatas bersifat subyektif karena hanya dilihat dari satu sisi saja yaitu sisi penulis yg juga memiliki banyak kelemahan dan sedikit kelebihan, semoga bisa bermanfaat.

13 comments:

  1. Pertamaxxxx
    Gimana kalo pasangan Mastono-Benlahmen? qiqiqi...soalnya ga tau eh ga terlalu mikirin politik mas. Yang penting orangnya jujur luar dalam, tegas dan beragama.

    ReplyDelete
  2. ya dah ga papa, menterinya sby, mega, jk, wiranto, budiono, ama prabowo wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Menurut hasil penerawangan Kang Tono, yang mana yang paling baik? Mbok diberi petunjuk.

    ReplyDelete
  4. @kang kombor
    wah saya ndak enak ama kang kombor mo bilang, kan kombor kan salah satu kader partai, kalo saya pribadi lebih condong milih berdasarkan hati, kalo visi misi bagus semua, tinggal pelaksanaannya, kalo sya pilih yg rendah hati & santun, tapiii itu semua terserah masing2

    ReplyDelete
  5. panjenengan njagokake siapa Mas?

    ReplyDelete
  6. @tomy
    pokoknya pilih yg santun....susah lo nyari politikus yg santun...

    ReplyDelete
  7. wah....,masing-masing pasangan kok mantan jendral ya...??
    coba kalau ada quiz,di dunia wayang purwa:SIAPAKAH PEMIMPIN TERBAIK DIANTARA KSATRIA BERIKUT INI ????

    apakah BETHARA KRESNA...,BRANTASENA...,BASUDEWA..???
    ................
    daripada pusing mikir politik,kita kupas plus minusnya pilihan berikut kan lebih seru.ha..ha..ha...

    salam asih.

    ReplyDelete
  8. wah....,masing-masing pasangan kok mantan jendral ya...??
    coba kalau ada quiz,di dunia wayang purwa:SIAPAKAH PEMIMPIN TERBAIK DIANTARA KSATRIA BERIKUT INI ????

    apakah BETHARA KRESNA...,BRANTASENA...,BASUDEWA..???
    ................
    daripada pusing mikir politik,kita kupas plus minusnya pilihan berikut kan lebih seru.ha..ha..ha...

    salam asih.

    ReplyDelete
  9. @yangkung
    kalau saya milih pemimpin seperti prabu samiaji, tapi eyang kakung tidak sebutin tadi heheh...jadi saya golput aja

    ReplyDelete
  10. Saya juga punya dialog imajiner dengan mereka di blog saya : http://celetukansegar.blogspot.com/2009/06/capres-nomor-cantik.html

    ReplyDelete
  11. Mantabb uyyy ...
    slam knal Bang ...
    Nice post deh ...

    ReplyDelete
  12. sama2 mantap mas salam kenal juga

    ReplyDelete