Thursday, June 4, 2009

Belajar Dari Air


Pernah suatu saat saya memperhatikan riak gelombang air di sungai yg jernih, dibalik riak gelombang itu terlihat batu2 kecil, ikan, dan daun2 yg mengering. Setelah saya amati lebih dalam ternyata riak gelombang itu ternyata tidak ada, yg ada air jernih yg bergerak-gerak keatas kebawah, mengapa saya beranggapan bahwa riak gelombang itu tidak ada? karena apabila kita tunjuk maka kita akan menunjuk ke air yg jernih, sedangkan riak gelombang hanya ilusi dari air yg kita anggap ada. Apabila ada orang yg suka membual, suka memamerkan ilmu, harta, dsb maka persis seperti riak gelombang yg dangkal sebab riak gelombang hanya terjadi di tempat yg dangkal. orang yg suka suka pamer sesungguhnya apa yg dipamerkan tsb tidak ada apa2nya dibandingkan kepunyaanNya, riak gelombang yg dangkal tentu tidak ada apa2nya dibandingkan samudera tanpa tepi.

Saat kita perhatikan perairan yg dalam, walaupun airnya jernih tapi kita sulit untuk melihat ke dalam, hal ini menyiratkan samudera hati orang2 yg ikhlas atau berilmu hati samudera sungguh tak mudah diselami isi hatinya sebab sangat luas dan dalam serta tenang tapi menghanyutkan. Riak gelombang yg dangkal timbul dari dasarnya yg dangkal dan kotor, misalnya karena batu, daun yg tersangkut, ranting dsb yg membuat air beriak-riak. Sedangkan pada perairan yg dalam, riak gelombang timbul karena tiupan angin, sedangkan arus dibawahnya tetap pada jalurnya dan tidak mengikuti gelombang. Arus laut terjadi karena perbedaan tekanan air yg mana air dingin mempunyai tekanan lebih tinggi mengalir ke air hangat yg mempunyai tekanan lebih rendah. Namun apabila gelombang di samudera terjadi dari dalam seperti tsunami maka bisa dilihat akibatnya yg luar biasa, hal ini menyiratkan bahwa orang mempunyai kedalaman hati akan membuat efek yg luas bagi sekitarnya apabila sudah bertindak sesuai dengan hatinya. Orang yg ikhlas atau berhati samudera akan sedikit bicara banyak bekerja dan tindakan akan mendahului ucapan.

Cobalah perhatikan pelangi, pelangi terjadi karena cahaya matahari dipantulkan oleh butir2 air hujan sehingga membentuk suatu setengah lingkaran yg terdiri dari tujuh warna pokok merah jingga kuning hijau biru nila ungu serta tak terhingga warna diantara ketujuh warna pokok. Pernah saya singgung di artikel sebelumnya bahwa cahaya matahari itu mempunyai warna tak terhingga yg bersatu menjadi warna putih, nah apakah yg dapat memisahkan warna2 tsb? jawabnya butiran2 air yg jernih, apabila satu butir saja maka tidak akan jadi pelangi, maka diperlukan ribuan bahkan jutaan butiran air hujan utk membuat pelangi yg indah, dan tidak ada satu butir air hujan pun yg memantulkan warna yg sama sehingga terbentuk berjuta-juta warna yg berbeda dan bersatu dalam harmoni yaitu pelangi, hal ini mempunyai makna bahwa peradaban suatu bangsa tidak akan bisa memantulkan cahayaNya sebegitu indah oleh satu orang individu saja, maka diperlukan banyak individu yg berhati sebening butiran air hujan untuk bisa memantulkan cahayaNya yaitu cahaya maha cahaya yg tak sesaat pun berhenti memancar dariNya kepada umat manusia, nah inilah pentingnya kebersamaan untuk membangun peradaban yg penuh cahayaNya maka peradaban tsb akan bebas residu berupa tumpukan sampah, polusi udara, limbah nuklir serta pencemaran2 lainnya, karena cahaya tidak meninggalkan jejak atau kotoran. salah satu pentingnya kebersamaan adalah saling mengisi satu sama lain, tidak ada kebenaran mutlak yg sanggup ditanggung oleh satu kelompok atau individu, maka diperlukan kebersamaan untuk bisa mendekati kebenaran yg hakiki milikNya, karena kita tidak mungkin masuk surga sendirian tanpa peduli dan mengisi satu sama lain.
Walaupun bisa juga memisahkan cahaya matahari dengan menggunakan prisma, tapi pada intinya diperlukan kebeningan dan ketepatan sudut untuk bisa melakukannya.



partikel salju tdk ada yg sama


Pada saat tertentu air juga mempunyai keanehan atau anomali, bahwa air akan mencapai titik volume tertinggi pada suhu 4 derajat celcius, hal ini belum diketahui penyebab pastinya oleh para ilmuwan. Salah satu contoh lagi bahwa air seolah-olah hidup, ketika segelas air dimaki-maki atau di sumpah serapah dengan kata2 yg kotor, maka partikel2 penyusun kristal air akan pecah dan tak beraturan, sebaliknya apabila diberi doa dan kata2 cinta maka akan terbentuk atau tersusun kristal segi enam yg sangat indah, air yg partikel penyusunnya membentuk segi enam sangat bagus untuk kesehatan. Air apabila beku akan menjadi es, semakin dingin akan menjadi salju, nah salju merupakan salah satu fenomena air yg paling unik, partikel2 salju membentuk segi enam yang tak satupun dari bermilyar-milyar bahkan sekian banyak partikel pun yg sama persis satu sama lain, seolah-olah satu partikel dengan yg lainnya tidak mau saling menyamai dan dengan identitas sendiri2.

Kesimpulan dari uraian diatas bahwa air itu sangat misteri, sebegitu misterinya sampai Allah menjadikan air sebagai penopang Arsy atau singgasanaNya, dalam kisah pewayangan bahwa Bima disuruh gurunya resi Dorna untuk mencari banyu suci perwita sari atau air kehidupan untuk mencari jati dirinya. tetesan air hujan yg membentuk pelangi menyimbolkan bahwa untuk memantulkan cahayaNya yg maha cahaya maka diperlukan kebersamaan antar pemilik hati bening satu sama lain agar dapat mengejawantahkan atau menerjemahkan cahayaNya dalam kehidupan yg beradab, sehingga akan terwujud suatu peradaban yg diliputi cahayaNya. Air yg bereaksi terhadap doa menyiratkan bahwa untuk mencapai hati yg bening maka diperlukan doa untuk meminta ridhoNya, doa tidak hanya bereaksi pada air biasa tapi juga bereaksi pada ma'ul hayat didalam diri kita. Salju mempunyai corak segi enam yg berbeda-beda satu sama lain mempunyai makna bahwa kita harus menjadi diri sendiri, tidak hanya bisa meniru-niru orang lain, karena setiap orang mempunyai karakter berbeda-beda, dan segi enam adalah patokan untuk salju, sedangkan untuk manusia patokannya adalah akhlak yg mulia.

45 comments:

  1. sungguh, maha besar Allah dengan segala kekuasaan dan keagungan-Nya. ternyata air bisa dijadikan sbg analogi banyak tamsil ttg kehidupan. tak heran kalau air ini juga termasuk salah satu sifat manusia yang dalam asthabrata. terima kasih pencerahannya mas tono!

    ReplyDelete
  2. @sawali
    makasih pak sawali atas kunjungannya...memang Allah menjadikan dunia ini sebagai perumpamaan2 hidup...tinggal kita rajin2 aja utk mengamati...

    ReplyDelete
  3. Mengapa air di dalam beberapa pengobatan, menjadi hal yang utama?

    Salam Brrrr obok-obok airnya!

    ReplyDelete
  4. @segar
    karena air adalah misteri....bervibrasi dgn mantra atau doa

    ReplyDelete
  5. Jadi ingat sekolah dulu, diajari peribahasa pak guru.
    air beriak tanda tak dalam, tong kosong berbunyi nyaring dll.Air juga lambang pembersihan.

    ReplyDelete
  6. AIR gambaran sebuah HATI.. semakin tenang semakin dalam.. API gambaran dari angan angan.. janganlah air selalu dibakar diatas api biarlah api itu selalu disiram oleh air.. sehingga sejuk dan padam..
    *ngelirik atas setuju ki Ngabehi Botol Kosong Nyaring bunyinya..*

    Salam Sayang

    ReplyDelete
  7. @ngabehi
    yup betul sekali....makanya kita dianjurkan mandi menggunakan air
    @kangboed
    yayaya...kangboed memang selalu memberi pencerahan...api juga lambang emosi...bisa juga lambang kesombongan yaitu watak api yg gak mau sujud....
    makasih semuanya...atas masukannya...

    ReplyDelete
  8. Wah, filsafat. Berat ini Kang Tono. Saya tidak sanggup menggapainya.

    Akan tetapi air memang ajaib. Batu hitam yang keras dapat ditembus oleh tetesan-tetesan kecilnya. Sudut-sudut runcing batu hitam dapat dihaluskan oleh usapan-usapan lembutnya.

    Air adalah pendukung utama kehidupan. Makanya, yang dicari-cari di Mars sampai saat ini adalah air.

    ReplyDelete
  9. @kang kombor
    berat yah...hmmm sama donk saia juga gak tahu tapi pura2 tahu.. :D
    yaaah contoh kang kombor sebenernya mo tak tulis di bag kedua...tapi berhubung keduluan jadi gak jadi...bikin topik lainnya aja... :D

    ReplyDelete
  10. @andi felangi
    makasih atas kunjungannya...

    ReplyDelete
  11. Ckckckckckckckck.. kita memang harus banyak belajar dari air..

    ReplyDelete
  12. @danta
    salam kenal mas...yup memang harus byk belajar dr sekeliling kita

    ReplyDelete
  13. Dikatakan bahwa Lautan yang luas sejauh mata memandang itu jika di tela’ah maka tiada lain adalah “Air”. Ombak yang bergulung-gulung di laut yang di sebut juga dengan Gelombang, maka itu pun tiada lain “Air”. Banyaknya buih yang berada di pesisir pantai, itupun tiada lain “Air.
    Hancur Buih menjadi “Air”, Hilang Ombak kembali menjadi “Air” dan Lautan yang luas itupun pada Hakikatnya adalah “Air”. Asalnya “Air” maka kembali menjadi “Air.”

    “Air”….. ya! “Air”, apapun jenisnya Air itu dan apapun perubahan bentuk yang terjadi dari “Air” itu, dia tetaplah “Air”. Asalnya dari pada “Air” maka kembalilah menjadi “Air”...tanpa ada ketakutan penyematan menjadi GELOMBANG~OMBAK ataupun sebaliknya.

    ReplyDelete
  14. @santri gundul
    yup betul sekali mas santri....memang air ya air...gelombang pun tidak ada yg hanya air yg jernih...gelombang...riak...ombak dan buih hanya fenomena

    ReplyDelete
  15. mari kita layari samudera hati kita.. untuk menemukan ketenangan jiwa..
    Salam Sayang

    ReplyDelete
  16. ^^ makasih kangboed atas pencerahannya...

    ReplyDelete
  17. kadang kita lupa tuk belajar pada alam sekitar kita

    ReplyDelete
  18. ya...ya...,air memang merupakan sumber inspirasi yang tak pernah berakhir.Air adalah sumber kehidupan.

    salam rahayu.

    ReplyDelete
  19. @suwung & yangkung
    makasih atas kunjungan dan masukannya

    ReplyDelete
  20. Mohon ijin untuk numpang menuntut ilmu disini.

    ReplyDelete
  21. pengamatan yang mendalam Mas. Semakin tertarik belajar sama m4tono yang banyak memberikan pencerahan untuk beragam hal. Ijin print ya Mas untuk proses belajar saya ini. Trims.

    ReplyDelete
  22. silaken mas......saya juga belajar banyak dari rumah mas arka.....kita semua saling belajar saling asah asih asuh

    ReplyDelete
  23. Sebuah pemaparan yang begitu mendalam dan sarat akan makna...Begitu banyak hikmah yang bisa didapatkan dari blog ini...

    Salam kenal juga mas, saya link ya blognya.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  24. air memang unsur yang sangat penting dalam kehidupan kita

    ReplyDelete
  25. Air … air … air … !
    Berarti ada kelebihan,
    Kelebihan air ya banjir.

    Mata tubuh hanya melihat, air mengalir dari Gunung ke Laut.
    Mata roh bisa melihat, air itu mengalir dari Laut ke Gunung.
    Kata jiwa, kebenaran hanya satu tak mungkin dua (ngeyel).

    Hehe, jiwa!
    Lebih baik lah kau bertanya, apa mungkin sebutir air melalui titik yg sama melintas dua kali, supaya kau bisa lebih maklum kepada kemungkinan-kemungkinan dan ketakmungkinan kebenaran kejadian yg tak terhingga banyaknya. Bahkan, antara gayung dan kepala pun ada banyak kejadian yg beda. Satu kemungkinan kejadian itu, mandi. Kali.

    Salam Pikir Tiga.

    ReplyDelete
  26. @rita, khai, maren

    makasih dah mampir membaca artikel lawas saya, sungguh suatu rahasia besar dibali keberadaan air, tanpa air ndak bakal ada kehidupan tapi kehidupan bukan air, air adalah watak sujud sempurna yg mana selalu mengalir ketempat yg lebih rendah............

    ReplyDelete
  27. Aku percaya itu, Mas.
    Kristal air beda-beda.
    Apa lagi yg doakan dan yg tidak.

    Tumbuhan dominan air.
    Tumbuhan yg dimaki, dikutukin kerdil.
    Tumbuhan yg dipuji, didoain, subut.

    Maka kita,
    Hati-hati ngumpat anak.
    Bila sering diumpat bajingan,
    Jadi bajing lah dia.

    Salam Damai!

    ReplyDelete
  28. analogi air memang selalu pas untuk menggambarkan segala segi kehidupan mas...

    ReplyDelete
  29. @maren

    ya memang begitulah kalo air didoain....air memang bereaksi terhadap doa...........kalo diumpat bajingan malah bersyukur to...wong bajingan itu pekerjaan mulia dibanding tukang korupsi.............btw bajingan itu tukang gerobak sapi

    @oelil
    iya mas...air itu mempunyai watak sujud sempurna

    ReplyDelete
  30. Yayayah!
    Aku baru memperhatikan dua ekstrim penasihatan.
    Anak Tentara dan anak Ningrat yg mulia mulanya. Mereka pun domunan air tentu.

    Anak Tentara nggak pernah ulang tahun, salah dikit dimaki udang dan dodol dan bajingan oleh kereta lembu. Anak Ningrat sering banget ulang tahun, salah ucap dikit aja dia dinasihati dgn lembut meliuk-liuk indah penuh pujian.

    Alhasil,
    Kesangaran wajah pun beda.
    Tingkah dan tutur so pasti beda.

    Begitu dahsyatnya kata
    kepada air dlm tubuh.

    Salam Damai!

    ReplyDelete
  31. Ikutan dunk kecipratan airnya.
    Enda pakai Disqus yah, yo wis pakai Google Account ajah...

    ReplyDelete
  32. @maren
    wah klo saya anaknya sinder tebu tuh...jadi kalo dimaki "dasar kamu manis!" jadi sekarang saya ya orgnya manis kek tebu.....hihihi

    @lambang
    hihihi katanya sentimen ama blogspot komen....nih saya cipratin air yg super...airi-meiri

    ReplyDelete
  33. Hehe!

    Air tebu manis, air laut asin.
    Air kumis kucing malah pahit.
    Air campur kental nano nano.

    Kita-kita itu dari air campuran,
    Maka wajah, omong, dan cintanya pun,
    Nan o nanon anona onanolah jadinya, ya!

    Salam Nano!

    ReplyDelete
  34. Mlaku wae kon!
    Ora usah isin-isin (i)!
    Ehm! Salam!

    ReplyDelete
  35. Loh!
    Gavatar ku mlebu nag ndi, yak!
    Cing!

    ReplyDelete
  36. sayangnya saya lebih suka nona nona ketimbang nano2.....
    mlaku nangndi baen cing.....
    kowen nyasar yak...mugane ari mlebu nang kene sing alon2....aja mangkonon yak....dideleng ndingin sing apan diwaca sing endi...iya pa blih....cing! hihihihihhi

    ReplyDelete
  37. Yah!
    Suka nona nona,
    Sumur air nano-nano, kan?
    Awal kejadian kita lah ...!

    Suka itu adalah awal dari sayang.
    Sayang itu adalah awal dari cinta.
    Cinta adalah akhir dari segalanya.

    Cing Kang Ton!

    ReplyDelete
  38. Gavatar e koq nggak nongol, ya.
    Pie iku, Mas!

    ReplyDelete
  39. gravatarnya gak akan muncul...yg punya mas lambang itu pic nya blogger profile....klo mo muncul gambarnya harus sign up blogger dulu...klo tidak pake sign in di wp dot com...ada pilihannya kok....

    ReplyDelete
  40. Wah! Ribet aku gitu mah!
    Biarin dah nano nano spasinya.
    Nanti-nanti ku bold aja baris-1-nya

    Salam!

    ReplyDelete
  41. Kang MK,
    Buat aja email di GMail, terus upload gambar ke profile. Dijamin pasti muncul kitu cing!
    Ngga seru kalau pake bold-bold, kek pejabat aja suka yang bold.

    ReplyDelete
  42. Hah!
    Bung Lamb, slalu aya aya wae.
    Selalu tersatu jurusannya.
    Air air air! Awas becek.

    Salam Tak Berair!
    NB:
    Tq infonya.

    ReplyDelete